Saturday, August 7, 2010

Pentingnya CTRL+S

Hello bloggers..
Saya lagi nguras otak buat design booklet. Ini permintaan tolong dari pacar saya, ya dia tahun ini menjadi Koor PubDok Prototipe 2010 di jurusan Ilmu Pemerintahan UNPAD, tempat dimana dia menuntut ilmu, cailaaaaahhh..
Karena kami punya usaha kecil-kecilan (masih kecil malah) di bidang design, jadilah booklet itu kami yang meng-handle, dengan data-data yang didapat dengan berbagi tugas dengan teman-temannya. Ya, saya beruntung kuliah di jurusan penerbitan, kenapa? Mata kuliah yang saya dapat lengkap, dari mulai jurnalistik, menulis, desain, fotografi sampai ke percetakan. Jadi saya nggak keki lagi ngerjain booklet ini. Hafal ukuran standar buku internasional dan segala yang dibutuhkan (karena UAS desain grafis saya semester kemarin buat buku, tapi dengan manual tanpa bantuan gadget sama sekali).
Dari mulai nge-konsep per-halaman, per-buku, cari ide, cari inspirasi, makan, minum, ngobrol, ketawa-tawa, tidur, browsing, kertas A4 dilipet-lipet nggak tau uda habis berapa, dan yang pasti dan yang nggak lain adalah BEGADANG. Walopun kata bang Haji Roma Irama, "Begadang jangan begadang.." tapi tetep aja kalo uda yang namanya kerja, suka lupa waktu, tau-tau pagi aja, berasa badan cape, punggung pegel, kaki cekot-cekot, mata senut-senut, gangguan jantung, muntaber, gatel-gatel, gunting-gunting rambut (WHOAAAA, LEBAAAYYYY) hehe :D
Kerja kalo ke-ASIK-an suka lupa waktu, apalagi kalo lagi enak-enaknya ide datang hilir mudik, keluar masuk, gonta-ganti, dan langsung di ctrl+s, waaahh nikmatnyaaaaaa! Tapi kalo lagi enak-enaknya begitu belum di-save dan tiba-tiba mati listrik dengan keadaan baterai laptop dicabut terus cuma nyambung ke colokan, dan uda ngedesign sampai enam halaman itu sangat sangat sangat menyesakkan, sekali lagi MENYESAKKAN!
Dan itu yang saya alami waktu saya lagi ngedesign tadi siang, di kost-an pacar saya. Tiba-tiba JLEP! aja mati, bukan bengong saya malah nangis kejer, sakit hati, pilu, perih, sedih, sesak dan lebay! Cuma bisa nangis, dan waktu pacar saya masuk ke kamar, dia bengong lihat saya nangis sesegukan kaya anak bocah, mau ketawa mungkin dia nahan, mau ikutan nangis dia cowo (malu kali ya), akhirnya dia keluar kamar terus nanya mati listrik dari PLN atau apa, ternyata listrik dimatiin sama mang cecep gara-gara ada juniornya pacar saya yang baru pindahan kost-an dan lagi ngebenerin listrik. Mungkin dia marah, dan bilang kalo mau matiin listrik nanya-nanya dulu.
Menurut saya percuma dia bilang gitu, wong uda ilang, wong uda mati duluan, lah ya sutralaaaahh, daripada tadi saya ngeluh, saya nyalain laptop dengan pasang baterai, dan baru buka illustrator dan photoshop, baru design sehalaman, langsung saya tinggal tidur. Dan saya meninggalkan kertas-kertas kerjaan, note yang isinya penting nggak penting karena lebih banyak saya coret-coret, hehe.


Memang kesalahan bodoh yang selalu dilakukan oleh desainer adalah lupa untuk dikit-dikit nge-save. Dan setelah berkali-kali mengalami hal bodoh yang menyesakkan itu, SAYA JADI TIDAK LUPA dan SELALU INGAT BETAPA PENTINGNYA CTRL+S, biar nggak sakit hati dan nangis kejer terus :P

Cheers
Danke!

No comments:

Post a Comment