Thursday, August 5, 2010

Kelas Jurnalistik di Detik.com

Hello bloggers, Saya baru benar-benar sempat nge-post-ing lagi, maklum sibuk (halah)
Nah, sekarang saya mau cerita tentang kemarin dapat kesempatan kelas jurnalistik di Detik.com
Here we go..

Pasti banyak yang nanya (bukan pasti sih tapi memang), dengan berbagai macam pertanyaan yang sebenarnya agak lebay, hehe.
"Kok bisa ikut kelas jurnalistik di Detik?"
"Gimana caranya?"
"Mau dong ikutan!"
"Pasti karena lo pinter deh bisa ikutan kelas jurnalistik"
"Pasti karena lo cantik jadi bisa ikutan kelas jurnalistik" <-- kalo yang ini bohong, lebay hehe.

Ceritanya, saya berkeliaran di twitter dan banyak memfollow jurnalis-jurnalis, dan tiba-tiba ada kesempatan ikut kelas jurnalistik di timeline mbak Ainun dengan akun twitter @pasarsapi , dan keterima. Hmm.. ngerasa beruntung sih pasti karena banyak ilmu yang nanti bisa dicuri, dan ternyata benar aja. Di hari H, suasananya nyantai banget, apalagi pembicaranya Budiono Darsono, Founder dan Pemimpin Redaksi Detik.com
Selama ini cuma tahu BDI (panggilan akrab Budiono, ga mau dipanggil Bapak atau Oom, kalo panggil dengan sebutan Oom bakal dikutuk jadi kaya, dengan akun twitter @budionodarsono) lewat twitter dengan celotehan dan guyonnya beliau. Pas ketemu langsung, 'nganga' banget karena asli orangnya kocak haha. Dengan penampilan yang santai banget, kaos, jeans dan sendal. Beliau cerita dan kasih materi tentang Online Jurnalism, berbagi cerita pengalaman dan ngejelasin gimana kerja di Detik. Dan saya benar-benar yakin pengen kerja di Detik, memang kemampuan dan bakat saya menuju ke jurnalistik dan art. Kebetulan, sahabat saya dicky dengan akun twitter @dickyardiann , juga sama-sama keterima daftar kelas jurnalistik. Saya memang janjian sama dicky saat mau berangkat ke Buncit Raya, kantor Detik. Baru jalan, hujan turun, neduh di Bakmi Margonda, bukan neduh sih tapi karena laper juga. Saat itu jam setengah empat sore, sedangkan kelas jurnalistik mulai jam empat teng! Akhirnya dengan ngebut makan dan ngebut bawa kendaraan ke Buncit, kami sampai di Gd. Aldevco Octagon Building. Tiba-tiba di depan lobby kantor Detik, GUBRAAAAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK!!!! Saya jatoh kepleset karena jalanan licin habis hujan, bukannya langsung berdiri, saya malah ketawa dulu sama dicky (dan satpam-satpam yang ada di situ juga) :D
Saya menuju lift dan ke lantai dua. Disambut dua orang yang meminta absen dan memberikan goody bag dari Detik (jarang-jarang dapet ilmu dengan GRATIS dan dapet ini itu). Nah, ini pintu masuk kantor detik, ada dua receptionist di sini dan dapt goody bag, kaos & payung..


sekitar jam enam sore, kelas jurnalistik selesai dan ditutup dengan acara makan bersama. Hebat lagi kan, uda dapat ilmu gratis, dapat hadiah, sekarang dapat makan (walopun cuma Hokben) dan minggu depan saat kelas membuat dan menulis berita, tiga penulis terbaik akan dapat hadiah Blackberry. Kelas gratis, dapat ini itu dan nanti beberapa orang bisa magang di Detik, dapat sertifikat, itu suatu keberuntungan yang bisa ikutan kaya gini. Dan masih ada dua kali pertemuan lagi buat kelas jurnalistik ini.

Nah makanya, cari ILMU, PENGALAMAN, dan berkenalan dengan banyak orang biar kita bisa dapat sesuatu yang bermanfaat. Jangan takut dibilang sok eksis, tapi dengan ke-SOK-EKSIS-an kita (tapi yang positif) plus ke-kreatifitas-an plus kemauan kita itu bisa menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk kita dan orang lain.
Jangan jadi manusia yang pelit ilmu, dari posting saya ini ada sedikit pelajaran yang bisa kita ambil, belum menjadi manusia sukses atau sudah sukses dengan punya segudang kelebihan, bagi-bagilah ilmu itu dengan cuma-cuma, berbagi dengan orang-orang yang memang ingin belajar, ingin memperkaya ilmu, ingin pintar dan ingin punya banyak pengalaman. Walopun sedikit, tapi jika bisa bermanfaat untuk orang lain, kenapa tidak?
Hidup itu harus bersusah-susah dahulu, senang-senang kemudian. Berusahalah dulu dengan semua tenagamu, selalu belajar, selalu mencari ilmu dan do'a (terlebih lagi do'a dari orang tua) itu adalah bekal dan akan menjadi hasil yang indah untuk menjadikan kita manusia yang sukses.

Cheers
Danke!

1 comment:

  1. wew ... seru nih :). Trus ... Trus ... Sesi materi acaranya apa aja?

    ReplyDelete