Wednesday, January 25, 2012

Si Cantik dan Alami di Utara Pulau Sumbawa


Pulau Moyo (dok. beingindonesian.tumblr.com)
Pernah mendengar orang “besar” sekaliber Mick Jagger dan juga Lady Diana berlibur di Pulau Moyo?
Pulau Moyo terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebuah pulau kecil nan cantik yang menawarkan keindahan alam dan bawah lautnya. Untuk mencapai Pulau Moyo cukup mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 kilometer  Utara Sumbawa Besar. Ai Bari yang dalam bahasa Samawa berarti air asin, merupakan kampung nelayan yang miskin fasilitas. Bila tak ingin repot, Hotel Tambora dan Kencana Beach Hotel di Sumbawa Besar, bisa mengatur perjalanan menuju pulau ini..
Daya tarik utama dari Pulau Moyo berada di bawah permukaan lautnya. Pulau Moyo dikelilingi oleh terumbu karang alami yang ideal untuk snorkeling. Untuk menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling atau diving, wisatawan dapat menyaksikan beragam jenis ikan, seperti ikan hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, gropuers, dan manta.
Pulau yang seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, memiliki ratusan kupu-kupu yang terlihat di balik semak belukar dan pepohonan. Selain keindahan lautnya, hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh tiada habisnya. Bagi pecinta burung, terdapat 86 spesies di antaranya terdapat di Pulau Moyo dari 124 spesies di Pulau Sumbawa. Terdapat beberapa burung langka ditemukan di sini, salah satunya adalah Kakatua dan burung Gosong.
Memang, Pulau Moyo masih sangat alami dan disarankan jika berlibur ke pulau cantik ini didampingi oleh pemandu. Bila tidak didampingi pemandu, ada kemungkinan tersesat, namun anehnya setiap kali ada yang tersesat selalu dapat menemukan jalan keluar sendiri. Konon, “penghuni” di Pulau Moyo tidak suka mengganggu.
Berlibur ke Pulau Moyo tidak puas bila hanya sehari saja. Wisatawan tidak perlu khawatir. Karena, di Pulau Moyo terdapat sebuah resor yang menyediakan fasilitas menginap dengan menggunakan tenda. Belum banyak yang tahu tentang keelokan Pulau Moyo, promosi yang sangat sedikit dan jangkauan wisatawan yang jauh. Namun, bila ada keinginan untuk berlibur ke pulau cantik dan alami ini, jangan lupa untuk menyediakan waktu yang panjang dan dana yang cukup. (Elvanurisya Chalimatussadia)

No comments:

Post a Comment